Brompit at my home

by cetarceter

Mungkin sekiranya sudah basi sekali untuk membahas 2 unit motor ini (dari pada nggak ada yang dibahas, hehe)

Yang pertama adalah si merah. yaitu si Suzuki Satria F bewarna merah, dimana pada waktu pertama kali datang kerumahnya saya senang bukan kepalang karena ini motor pertama saya, meskipun kesan pertama motor ini sangat tinggi dan berat namun sangat keren.

stang jepit yang memberikan sensasi seperti menunggangi motor balap yang banyak diimpikan banyak orang, meskipun pada awalnya merasa capai dan pegal namun ada yang bilang rasa senang adalah sebagai penawar segalanya, headlamp model gsx 1000, pelek model akar dan mesin dibekali kem ganda serta kubukasi piston 150 cc serta oil cooled benar – benar motor yang canggih dikelasnya.

Dan kedua si biru, yaitu si Suzuki Cool lansiran tahun 2003, ini adalah motor pertama saya untuk latihan motor kopling basah/ full clucth, meskipun hanya berkubikasi 110 cc tp anda belum tentu bisa merasakan sensasi berkendara yang sama pada sepeda motor yg memiliki kubikasi yg sama untuk era sepeda motor masa kini, suara motor ini sering diidentikan dengan suzuki rc series karena suara knalpotnya sangat khas rc series dan anggap saja bebek rc series namun bermesin tegak, hoho, meski begitu si biru berani bejaban melayani satria f untuk jarak 100 ~ 200 meter, meski menganut stang jepit namun tidak terlalu membungkuk dan memberikan sensasi berkendara yang santai, namun saya rasa ukuran ban standar si biru terlalu kecil (ukuran depan 225 & belakang 250), dimana kurang nyaman untuk jalan yang begelombang dan tidak rata.

Namun lain ceritanya jika digunakan untuk di trek lurus, tak terasa jarum merah menunjuk ke angka 100 dan rasanya sangat ngeri, mengingat dimensi motor ini sangat kecil.

untuk kedua motor tersebut rasanya kurang cocok untuk jalan yang padat/ stop & go karena mesin mengarah pada jenis over square, namun hal itu terbayarkan jika pada putaran mesin diatas 8000 rpm, ganas, liar dan susah untuk dikendalikan dan pastinya jika anda ingin memacu motor2 tersebut jalan harus keadaan sepi atau kosong (untuk menghindari hard brake maupun panic brake).

spesifikasi data motor

Suzuki Satria F 150

Model : FU 150 – SC

Dimensi L x P x T : 652 mm x 1.940 mm x 941 mm

Diameter silinder x langkah piston : 62 cm kubik x 48.8 cm kubik

Berat kosong : 95 kg

Jenis mesin : 4 tak

Karburator : Mikuni BS 26 – 187

Sistem starter : kaki

Sistem kopling : basah

Transmisi : 6 percepatan

Suspensi depan/ belakang : teleskopik/ monoshock

Ukuran roda depan – belakang : 70/90-17, 38s – 80/90-17, 44s

Sistem pengereman depan/ belakang : cakram/ cakram

Kapasitas bahan bakar : 4,9 liter

Suzuki Cool

Model : RK 110 SC – Z

Dimensi L x P x T : 670 mm x 1,945 mm x 975 mm

Diameter silinder x langkah piston  : 52.5 cm kubik  x 50.5 cm kubik

Berat kosong : 94.5 kg

Jenis mesin : 2 tak berpendingin udara

Karburator : Mikuni VM 17

Sistem starter : kaki

Sistem kopling : basah

Transmisi : 5 percepatan

Suspensi depan/ belakang : teleskopik/ monoshock

Ukuran roda depan belakang/ belakang : 2.25 – 17 – 4PR/ 2.50 – 17 – 6PR

Sistem pengereman depan/ belakang : cakram/ cakram

Kapasitas bahan bakar : 5 liter