Suzuki Satria F 150

by cetarceter

Satria F 150 merupakan penerus dari seri Satria bermesin 2-Tak. Meskipun berbeda karakteristik mesin (yang mecolok Satria F berjenis mesin pembakaran 4 langkah sedangkan seri Satria yang sebelumnya berjenis mesin pembakaran 2 langkah) mengusung silinder berukuran 147 cc dan berteknologi Double Over Head Chamsaft yang dapat mengeluarkan daya sebesar 16 ps .

Benar – benar motor jenis tulang bawah yang sangat canggih dikelasnya, bahkan beranekedot “Hyper Underbone”,”Underbone King” dll. Meskipun tenaga yang disemburkannya tidak sebesar model asalnya (Raider/R 150)

Satria F pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2004,  untuk menggantikan Satria R 120 LSCM,  dimana pabrikan Suzuki tidak lagi mengembangkan mesin motor 2 Tak karena sudah tidak ada lagi keuntungan dan mungkin adanya isu tentang dilarangnya mesin 2-Tak beredar di jalan protokol yang kemudian isu tersebut tidak diketahui lagi rimbanya.

Dan konon 70% penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia ditopang oleh Satria F, karena minat masyarakat Indonesia sangat tinggi terhadap motor yg pada awal kemunculannya dibanderol sekitar 16,5 jt dan sekarang sekitar 18,5 jt

spesifikasi FU 150 Satria F 150

~ Dimensi dan Berat

Panjang keseluruhan 1.940 mm (cbu)/ 1.945 mm (ckd/New Satria F)

Lebar keseluruhan 652 mm

Tinggi Keseluruhan 941 mm

Jarak antara as Roda 1.280 mm

Tinggi tempat duduk 764 mm

Jarak mesin ke tanah 140 mm

Berat kosong 95 kg

~Mesin

Jenis 4-Tak, DOHC, Berpendingin udara SACS, 4 katup

Jumlah silinder 1

Diameter silinder 62.0 mm

Langkah piston 48.8

Isi silinder 147,3 cm kubik

Perbandingan kompresi 10,2 : 1

Daya maksimum 16.0 Ps/9500 rpm

Torsi maksimum 1,27 Kgm/8500 rpm

Kaburator Mikuni Bs 26 – 187

Saringan udara Jenis kertas

Sistem starter Kaki (cbu) / elektrik & kaki (ckd)

Sistem pelumasan Perendaman oli

 ~ Transmisi

Kopling manual plat majemuk tipe basah

Transmisi 6 – percepatan

Arah perpindahan gigi 1 ke bawah, 5 ke atas

Rantai Penggerak DID 428 DS, 122 mata

 ~ Rangka

Suspensi depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli

Suspensi belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli

Sudut kemudi 45 derajat ke kanan & ke kiri

Radius Putar 2,0 m

Rem depan Cakram

Rem belakang Cakram

Ukuran roda depan 70/90-17, 38s

Ukuran roda belakang 80/90-17, 44s

 ~Kelistrikan

Sistem pengapian CDI

Busi NGK CR8E / Denso U24ESR-N

Accu 12vV 2,5 Ah 10HR

~Kapasitas

Tangki bahan bakar 4,9 Liter

Oli mesin 1.000 ml

Dengan penggantian saringan oli 1.100 ml

Seri: Suzuki  Satria S 120, Suzuki Satria R 120, Suzuki Satria R 120 LSCM

Sepeda motor sejenis dalam satu pabrik : Suzuki RC 100 Sprinter, Suzuki Akira, Suzuki Akira Young, Suzuki RK 110 Cool, Suzuki FU 125 Raider, Suzuki Raider J, Suzuki Stinger, Suzuki Raider 150(?)

Sepeda motor dengan basis mesin sejenis : Suzuki FX 125, Suzuki FU 125 Raider, Suzuki FXR 150, Suzuki Raider 150

Nama sepeda motor di lintas negara : Raider R 150, Belang R 150

Julukan : Hyper Undebone, Underbone King

nama lain : Satria 4-Tak, Satria FU, Satria Fiso, Satria F, F, FU

CMIIW please

sumber : berbagai macam sumber